Jumat, Oktober 24, 2008

Sistem Keuangan Kapitalis

Sistem Keuangan Kapitalis
menjawab pertanyaan pak Fahrudin di milis edukasi guru


+ Dear Bu Ameliah V3ah ... :-)
penjelasan yg mencerahankan. .. thx atas bantuannya.
kurang lebih begitulah keadaannya.
cat: penjelasan bu Amel bisa di baca di http://groups.yahoo.com/group/edukasiguru/message/2866.

+ Bpk Fahrudin "AS" yg baik :-)
sekedar menambahkan penjelasan Bu Amaliah,

beberapa hasil searching saya sebagai berikut:
- definisi kapitalisme: http://media. isnet.org/ islam/Etc/ Kapitalisme. html
- alternatif pengganti kapitalis: http://www.suara- islam.com/ content/view/ 736/70/
- perbandingan kapitalisme sosialisme: http://organisasi. org/sistem_ tata_ekonomi_ kapitalisme_ sosialisme_ dan_komunisme_ definisi_ pengertian_ arti_penjelasan_ sejarah_teori_ ilmu_ekonomi
- islam mengatasi krisis keuangan global: http://jurnal- ekonomi.org/ 2008/10/21/ bagaimana- konsep-islam- mengatasi- krisis-keuangan- global/
- makna kebangkrutan amerika : http://jurnal- ekonomi.org/ 2008/10/21/ makna-kebangkrut an-amerika/

Bicara sistem keuangan, tentu akan bicara juga ttg sistem ekonomi. Sedangkan sistem ekonomi bersandar pada sebuah ideologi. kalaupun kita mau jeli, terlepas perbedaan cara memandang, ideologi dunia mengelompok dlm 3 ideologi besar: Sosialis, Kapitalis, Islam.

Ada yg mendefinisikan lain, bahkan pada masa orba indonesia menyebut dirinya ber-ideologi Pancasila. Tetapi pada hakikatnya kalau kita lbh cermat ya akan bermuara pada 3 ideologi tsb. Soal penerapannya pada tiap2 negara memang beda sebagaimana yg disampaikan Bu Amaliah.

Saat ini AS mendominasi dunia dg Kapitalisme sebagai ideologi yg dijajakan ke mana2, termasuk ke Indonesia melalui kepanjangan tangannya berupa wb & IMFnya. Karena mayoritas dunia saat ini 'terpaksa' menerapkan sistem kapitalis disegala lininya, maka ketika embahnya kapitalis dunia (AS) mengalami krisis yg terjadi adalah seluruh dunia akan terpengaruh.

Oleh karena itu, jika ingin terbebas dari krisis berkepanjangan. .. banyak orang mulai melirik alternatif lain.... sulit diterima akal sehat jika kita kembali kepada sosialis yg telah bangkrut di tahun 90an. alternatif logisnya adalah Ideologi Islam dg sistem keuangan syariahnya. terbukti pakar ekonomi kapitalis sekalipun mengakui keberhasilan sistem ekonomi syariah yg diterapkan.

sementara sedikit ini yg bisa kita diskusikan, takut kena semprit pak moderator karena dianggap keluar jalur.... he he he.(ampun pak Ihsan :-) )

MustGatot
(kota malang tidak dingin lagi...)

Tidak ada komentar: